Cara Merawat Ban Tubeless

5 Tips Cara Merawat Ban Tubeless Agar Awet – Hargaban.com,- Ban tubeless adalah ban tanpa karet dalam yang dulunya digunakan untuk sepeda gunung. Tetapi kini ban jenis ini sudah secara umum digunakan untuk kendaran bermotor. Ban tubeless memang memilki beberapa kelebihan dibanding ban biasa sehingga banyak yang lebih memilih menggunakan ban jenis ini. Meski demikian, ada beberapa tips cara merawat ban tubeless yang perlu dilakukan supaya ban tersebut tetap awet dan tetap layak digunakan.

5 Tips Cara Merawat Ban Tubeless Agar Awet Berikut Adalah Cara Merawat Ban Tubeless :

  • Hindari lem cair

Menghindari penggunaan lem cair adalah tips cara merawat ban tubeless  yang bisa Anda gunakan saat ban motor Anda bocor. Jangan buru-buru menutup ban bocor dengan lem cair atau lem ban karena bisa menyebar ke permukaan ban. Nantinya hal tersebut bisa mengakibatkan kerusakan permanen pada ban. Bahkan, kemungkinan ban bisa meledak secara mendadak saat Anda memacu motor dalam kecepatan yang tinggi.

  • Periksa ban secara teliti

Tips cara merawat ban tubeless  ini merupakan hal yang perlu dilakukan secara rutin. Periksa bagian bahu dan telapak ban. Dengan begitu, Anda bisa mendeteksi kerusakan-kerusakan yang terjadi pada ban sedini mungkin. Ban harus segera diganti ketika mencapai batas keausan minimum.

  • Perhatikan tekanan angin

Tips cara merawat ban tubeless  ke tiga ini berkaitan dengan tekanan angin pada ban. Saat ban dalam keadaan panas, usahakan jangan mengurangi tekanan anginnya. Untuk menyesuaikan tekanan ban, ada baiknya dilakukan saat ban dalam keadaan dingin. Tekanan ban belakang yang ideal adalah 38 hingga 40 psi sementara ban depan adalah 32 psi. Jika tekanan ban berada di 20 psi, ban bisa saja terlepas dari pelek roda.

  • Cara melepas paku

Saat ban tubeless tertusuk paku, jangan mencabutnya secara asal. Ada baiknya Anda mencari bengkel khusus tambal ban tubeless saat hal ini terjadi karena jika paku langsung dicabut, maka angin akan terus keluar hingga habis. Ban pun bisa terlepas dari pelek.

  • Beban

Tips cara merawat ban tubeless terakhir adalah memperhatikan beban yang dibawa. Usahakan untuk tidak memberikan beban yang telalu berat pada ban dan perhatikan ketentuan muatan maksimum kendaraan yang bisa dibawa.

Cara Merawat Ban Tubeless | admin | 4.5